Masjid Islamic Centre Mataram juga sebagai Wisata Religi

Masjid Islamic Centre Mataram juga sebagai Wisata Religi

Pulau Lombok Nusa Tenggara  Barat (NTB) memang terkenal dengan julukan Pulau 1000 Masjid. Julukan ini disematkan karena pulau kecil seluas 5.435 km² ini memiliki 4.500 masjid di 598 desa dan kelurahan di Pulau Lombok. Ini tidak lepas dari tingginya semangat masyarakat Muslim Lombok untuk membangun masjid sehingga dalam satu desa bisa dibangun lebih dari satu masjid. Masyarakat dan pemerintah pun berlomba-lomba untuk membangun masjid yang paling besar dan paling indah.

Salah satunya adalah Masjid ‘Hubbul Wathon’ Islamic Centre di Mataram adalah masjid terbesar dan termegah di seluruh Nusa Tenggara Barat (NTB). Tentu ini tak lepas dari sejarah pendirian Islamic Center Mataram yang dibangun sejak masa kepemimpinan gubernur M. Zainul Majdi, rencana tersebut terealisasi pada tahun 2011 dan diresmikan pada 15 Desember 2013. Total biaya pembangunan masjid termegah ini ,mencapai lebih dari 350 milyar rupiah.

Dibangun di atas lahan seluas 7,6 hektar di sudut jalan Langko dan Udayana yang merupakan urat nadi lalu lintas di kota ini. Dibangun sangat  megah dengan menampilkan perpaduan antara karakteristik bangunan tradisional Lombok dan Sumbawa.

Suasana di Masjid Hubbul Wathon Islamic Center memang membawa kenyamanan tersendiri, serasa berada di Tanah Suci. Jangankan dari dekat, dari jauh saja tampak keindahan dan kemegahan Masjid Hubbul Wathon ini.

Rumah ibadah yang memiliki kubah serta menara artistik ini sendiri terbilang cukup baru di Lombok. Beda dengan lainnya, desain dari Masjid Hubbul Wathon ini memang membuat banyak orang terkagum-kagum. Jangankan kubah, di langit ruangan ini diberikan sentuhan batik dengan warna biru putih yang menyejukkan. Sementara itu, sekeliling tembok dan tiang di cat dengan warna keemasan.

Perpaduan tersebut membuat tempat ibadah ini makin megah. Ada beberapa bangunan khusus sebagai sarana tempat mengambil air wudhu, tampak berjejeran dengan apik dan rapi di samping bangunan utama masjid ini. 

Desain unik masjid ini bahkan memikat banyak turis mancanegara yang terbang jauh hanya ingin melihat keelokan tempat ibadah ini dari dekat. Tidak heran jika pemerintah NTB menjadikan Hubbul Wathon sebagai salah satu wisata religi di Lombok. 

Sementara itu, mengenai bangunan Islamic Center, dilengkapi dengan menara setinggi 99 meter sesuai dengan 99 nama nama Allah (Asma’ul Husna). Bangunan menara ini dibuka sebagai objek wisata untuk memandang wajah kota Mataram dari ketinggian baik saat siang maupun malam hari.

Selain sebagai penanda Kota Mataram, Islamic Center Mataram ini berfungsi sebagai pusat kebudayaan, wisata religi, pasar seni, dan aktivitas religius lainnya. Dalam upaya mempromosikan wisata religi yang berpusat di Islamic Center ini, pemerintah setempat mensinergikan sumber daya setempat termasuk memberdayakan para perajin garmen dan kayu cukli yang merupakan produk kerajinan unggulan di Kota Mataram agar mereka membuat berbagai pernak-pernik bertemakan Islamic Center. Seperti gantungan kunci, pulpen, baju kaus bergambar Islamic Center, batik sasak samawa mbojo (sasambo) bermotif Islamic Center, serta aksesoris lainnya.  (*)

 

Leave a comment


Masukan kode ini .... disini: Reload Kode

0 Comments

Artikel Terbaru

Mewaspadai Niat Buruk

Bismillah... Alhamdulillah was-sholaatu was-salaamu  ‘&r...Selengkapnya

Kebebasan Memilih

(Oleh: KH. Ahmad Mudhofar Jufri)   Sebuah ilustrasi ringan dan...Selengkapnya

KEBERSAMAAN YG TAK AKAN BERLALU

Oleh : KH. M. Sholeh Drehem, Lc   Bismillah.. La...Selengkapnya

Berita Terbaru

Seleksi Nasional PMB Dimulai di Jakarta dan Lombok

Sebagai tindak lanjut dari berakhirnya proses pendaftaran mahasiswa baru (PMB) STIDKI Ar-Rahmah T...Selengkapnya

Musabaqah Thullabiyah Marakkan Isra Miraj STIDKI Ar-Rahmah

 “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil ...Selengkapnya

Majukan Masjid dengan Perbanyak Silaturrahim

Alhamdulillah..., Workshop Nasional Manajemen Masjid di hotel Shangri-La Surabaya Minggu kemarin ...Selengkapnya