Oktober

10

2018

Rihlah dan Mukhoyyam Qurani untuk Kuatkan Soliditas

Sebuah momen refreshing berbalut penguatan ukhuwah digelar mahasiswa STIDKI Ar-Rahmah Surabaya angkatan 2017 baru-baru ini. Momen tersebut bertajuk Rihlah dan Mukhoyyam Qurani, yang kebetulan untuk bulan ini diselenggarakan di Gunung Semeru. Sebanyak 33 mahasiswa didampingi Ust. Alfarobi mengikuti tadabbur alam tersebut dengan semangat pengabdian dan perjuangan menuju sukses.
Program Rihlah dan Mukhoyyam Qurani tersebut merupakan program bulanan, dilaksanakan secara bergiliran, bergantian, per-angkatan. “Tujuan utamanya menguatkan soliditas dan ukhuwah angkatan, merefresh dari kepenatan UTS, serta membuat resolusi percepatan pencapaian target-target mereka di kampus,” demikian diutarakan Ust. Faiz Khudlari Thaha, Pembantu Ketua III STIDKI Ar-Rahmah Surabaya. 
Dengan program itu pula harapannya, setiap angkatan bisa menjadi basis utama di mana mahasiswa punya semangat untuk saling tawashi dan saling ta'awun, dan bersama-sama sukses meraih target-target yang dicanangkan. Saling mengingatkan akan kebenaran dan saling tolong menolong dalam kebaikan adalah semangat utama program tersebut.
Rihlah mahasiswa STIDKI Ar-Rahmah merupakan perjalanan mahasiswa mentadabburi alam dengan maksud dan tujuan yang baik dan didasarkan niat kepada Allah SWT. Perjalanan yang dimaksud di sini bukanlah berarti seperti musafir yang melakukan perjalanan jauh, melainkan perjalanan perjalanan yang sebagai liburan dari kegiatan yang telah berlangsung lama, meninggalkan sementara rutinitas kegiatan perkuliahan, termasuk kepenatan setelah mengikuti ujian tengah semester. 
Tentu saja rihlah bukanlah sekedar hanya melakukan aktifitas jalan-jalan bersama dengan menikmati panorama alam baik di hutan, laut ataupun gunung, melainkan jauh dari pada itu rihlah dilakukan dengan niat karena Allah SWT dan insya Allah akan bernilai ibadah sehingga menambah kuat iman yang terbentengi dengan akhlaq yang baik. Dengan rihlah diantaranya akan menguatkan rasa solidaritas, mengukuhkah ukhuwah, memperbaiki kembali kerenggangan ukhuwah dan membangun kebersamaan atau rasa peduli terhadap sesama
Sebagai sarana tarbiyah, mukhoyyam berfungsi sebagai sarana tajammu’, tarbiyah dan tadribah. Dengan mukhoyyam pula para mahasiswa berkumpul untuk berinteraksi, saling  mengenal, saling memahami, bekerja sama dan saling menolong. Dengan mukhoyyam pula para mahasiswa akan mendapatkan shibghah islami, melatih disiplin, melatih berbagai  ketrampilan maupun keahlian yang sangat bermanfaat dalam kehidupan  sehari-hari maupun dalam kondisi-kondisi tertentu. (*)

Jl. Teluk Buli I/3-5-7, Surabaya, Jawa Timur - Indonesia
031-3284306
Official@stidkiarrahmah.ac.id

© 2021 STIDKI AR RAHMAH. All Rights Reserved W3layouts