Sempro Perdana Diikuti 23 Mahasiswa

Sempro Perdana Diikuti 23 Mahasiswa

Alhamdulillah... sejak berdiri 4 tahun yang lalu, STIDKI Ar-Rahmah, sekarang sudah bersiap akan meluluskan para mahasiswanya. Setidaknya ini terlihat dari beberapa mahasiswa yang sudah  mengikuti kegiatan akademik sempro atau seminar proposal, sebuah kegiatan sebelum mereka menyelesaikan tugas akhir perkuliahan.

“Ada 23 mahasiswa yang mengikuti seminar proposal perdana tersebut, mereka adalah mahasiswa STIDKI Ar-Rahmah angkatan perdana, tahun 2015,” ujar Pembantu Ketua I STIDKI Ar-Rahmah, Ust. Fathurrahman MS, Lc., MA, M.Ed.

Seminar proposal tersebut dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut mulai Senin 17 Desember kemarin. Dalam seminar proposal tersebut masing-masing mahasiswa sesuai jadwal, mengadapi para penguji sekitar selama 45 menit. Kegiatan berlangsung di kampus mulai jam 08.00 hingga 16.00 WIB.

Secara umum seminar proposal adalah langkah awal mahasiswa sebelum mengerjakan tugas akhir atau skripsi sebagai prasyarat kelulusan mereka. Seminar proposal skripsi dilakukan jika mahasiswa sudah siap secara teknis maupun non-teknis terhadap rencana skripsi yang akan dibuat.

Dalam pelaksanaan seminar proposal skripsi, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mempresentasikan judul dan materi skripsinya berdurasi 45 menit.  Kemudian, dalam seminar proposal tersebut dilanjutkan dengan adanya tanggapan dari dewan penguji, baik berupa kritikan maupun saran terhadap proposal skripsi mahasiswa.

Terdapat beberapa alasan mengapa seminar proposal skripsi itu sangat penting bagi mahasiswa, yang pertama ialah untuk mengetahui garis besar skripsi yang akan digunakan oleh mahasiswa dalam skripsinya nanti.

Dengan begitu akan diketahui elemen-elemen penting yang terdapat di proposal skripsi mahasiswa tersebut, misalnya hal yang melatarbelakangi mahasiswa hingga tertarik untuk mengambil judul tersebut, bagaimana metodelogi penelitian yang akan digunakan mahasiswa, hingga untuk mengetahui efektifitas waktu penulisan skripsi.

Berbagai masukan dalam seminar proposal skripsi ini berguna untuk mendapatkan kualitas skripsi yang baik, sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas baik dari sisi akademis maupun non-akademis..

Dengan seminar ini pula akan diketahui kesiapan mental mahasiswa dalam menulis skripsi. Dewan penguji bisa mengetahui kemantaban mahasiswa terhadap judul skripsi yang diambil, sehingga bisa mengurangi kesalahan dan kegagalan mahasiswa dalam menulis skripsi nantinya.(*)

Leave a comment


Masukan kode ini .... disini: Reload Kode

0 Comments

Artikel Terbaru

Dhuha Taubat

Oleh ; KH. M. SHOLEH DREHEM,Lc   Bismillah.. Alh...Selengkapnya

Al Quran sebagai Pedoman Hidup

(Oleh: KH. Ahmad Mudhofar Jufri) Al-Qur’an diturunkan u...Selengkapnya

Memahami Al Quran, Modal Menjadi Manusia Unggul

Al Qur’an terdiri dari 30 juz yang ditafsirkan oleh ribuan jilid kitab tafsir, ribuan hadit...Selengkapnya

Berita Terbaru

Motivasi Semangat Menghafal Bersama Naja

Suasana Masjid Ar-Rahmah Jl. Teluk Buli Surabaya, Senin (24 Juni) pagi kemarin lain dari biasanya...Selengkapnya

Permintaan Lulusan STIDKI Terus Mengalir

Alhamdulillah… meski belum dinyatakan lulus menyelesaikan studi S-1 nya di STIDKI  Ar...Selengkapnya

23 Mahasiswa Sidang Skripsi

Dengan semangat dan persiapan yang matang, pagi hari itu Senin (17 Juni) itu, M. Ahnaf Dzikrullah...Selengkapnya