Muammar Juara MHQ 20 Juz di Banyuanyar

Muammar Juara MHQ 20 Juz di Banyuanyar

Untuk yang kesekian kalinya, kembali mahasiswa STIDKI Ar-Rahmah Surabaya menorehkan prestasinya di ajang lomba tilawah Al Qur’an. Adalah Muammar, mahasiswa angkatan tahun 2018, yang meraih juara harapan 1 pada Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) tingkat Nasional ke-6, di Pamekasan baru-baru ini.

Gelaran MHQ Nasional tersebut diselenggarakan Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan.  Kegiatan yang digawangi SMP-SMA Tahfidz Darul Ulum Banyuanyar ini dilaksanakan di halaman madrasah dan diikuti 646 peserta dari berbagai penjuru nusantara, dengan rincian 233 kategori putri dan 413 kategori putra dengan hadiah utama umroh. Ada 10 kategori yang dilombakan dalam MHQ kali ini seperti MHQ 5 juz, 10 juz, 20 juz, 30 juz dan juz amma. Muammar sendiri dinobatkan sebagai juara pada kategori MHQ 20 juz.

Wakil Ketua Umum Pengurus Bidang Madrasiyah Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag mengatakan, keikutsertaan para penghafal Al Quran dalam event ini adalah suatu kebanggaan dan bertujuan untuk meningkatkan tali silaturrahmi guna menjalin kerja sama dalam musabaqoh tingkat nasional. "Kemenangan yang sesungguhnya ialah apabila kita menghafal Al-Quran, Allah akan menghadiahkan syurga kelak di akhirat," ungkap Direktur Pascasarjana IAIN Madura tersebut

Prestasi Qur’ani yang diraih Muammar tersebut menambah deretan panjang prestasi mahasiswa STIDKI Ar-Rahmah dalam berbagai kompetisi MHQ yang diselenggarakan lembaga luar kampus. Pada kompetisi di tempat yang sama ini, Ponpes Banyuanyar, tahun lalu, 33 mahasiswa STIDKI Ar-Rahmah menuai predikat membanggakan dalam gelaran serupa.

Mereka adalah Rahmat Alfian (juara 3 pada kategori 30 juz), Faiqul Istiqlal (harapan 3 pada kategori 20 juz, dan Andik Khairul Iman (harapan 3 pada kategori 10 juz). Selain ketiganya, yang juga ikut dalam ajang tingkat nasional tersebut adalah Miqdad Faruqi (10 juz), Maulanan Saidul Amien (10 juz), Abdul Wadud (10 juz), dan Imam Hanafi Al-Mufti (10 juz).

Sukses lain yang pernah diraih mahasiswa kampus ini, di antaranya Rahmat Alfian, juara 2 MHQ tingkat Kab. Sidoarjo (2010), juara harapan 1 MHQ 20 Juz antar pesantren se-Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara (2015), juara 2 Tafsir Bahasa Indonesia se- Kab. Sidoarjo dan juara 2 MHQ 10 Juz Tingkat Jatim yang diselenggarakan Komunitas One Day One Juz (2016), kemudian juara 2 MHQ 5 Juz tingkat SMA se-Jatim di UNISMA Malang, dan juara 3 Seleksi MHQ antar Pesantren se-Jatim (2017). (*)

Leave a comment


Masukan kode ini .... disini: Reload Kode

0 Comments

Artikel Terbaru

Bersaudara karena Allah

Oleh : KH. Muhammad Sholeh Drehem, Lc. M.Ag. Dalam arti sacara umum, al It...Selengkapnya

Berpegang Teguh pada Kurikulum Allah

( Oleh: KH. Muha...Selengkapnya

Cinta Dunia

oleh : KH. M Sholeh Drehem,Lc    .Bismilla ...Selengkapnya

Berita Terbaru

Mahasiswa Manfaatkan Layanan Pindah Pilih Pemilu 2019

Ada suasana berbeda di sebuah ruang kuliah di kampus STIDKI Ar-Rahmah Surabaya, Kamis kemarin. Ka...Selengkapnya

Jalin Sinergitas Akademik dengan UINSA

Satu lagi momen kerjasama dan sinergitas STIDKI Ar-Rahmah Surabaya dengan pihak ketiga terjalin. ...Selengkapnya

Motivasi Sukses Melalui Apel Bulanan

Senin pagi (11/2) kemarin seluruh mahasiswa mengikuti apel bulanan yang kembali dilaksanakan di a...Selengkapnya