3 Persiapan Menjelang Ramadhan

3 Persiapan Menjelang Ramadhan

Oleh : KH. Agung Cahyadi, Lc.MA

Sungguh tiada terasa, tak sampai 2 bulan lagi, Insya Allah kita akan dipertemukan dengan bulan Ramadhan. Dan karena keistimewaannya, Ramadhan sangat pantas untuk dipersiapkan, tentu agar ibadah di bulan Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Ya Ramadhan memang bulan yang sangat istimewa, di antaranya karena pada bulan tersebut diturunkannya Al Qur’an sebagai pedoman hidup bagi manusia, di samping itu bahwa di bulan tersebut Allah swt dengan sengaja telah memformat suatu program untuk ummat Islam dalam bentuk amal-amal ibadah agar dapat menggapai derajat tertinggi disisi-Nya yaitu taqwa.  Sebagaimana  QS Al Baqarah-183 : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.

Allah SWT juga membukakan pintu surga selebar-lebarnya di bulan ini seperti sabda Rasulullah Saw: “Jika datang bulan Ramadhan, dibukalah pintupintu surga dan ditutuplah pintu neraka serta setan-setan dibelenggu” (HR. Bukhari Muslim).

Berbagai persiapan memang harus dilakukan untuk menyambut suci yang setiap tahunnya hanya datang sekali. Mulai dari persiapan fisik sampai persiapan mental masing-masing sudah jauh-jauh hari sebagiannya mulai dilengkapi.

Kenyataan di masyarakat, bahkan ada yang jauh-jauh hari dari sekarang  sudah mulai mempersiapkan pembelian tiket angkutan berkenaan dengan rencana mudik pada lebaran. Sungguh ironis memang, puasanya saja belum datang tetapi sudah memikirkan mudik lebaran. Padahal yang terpenting mestinya adalah bagaimana menjadikan ibadah puasa tahun ini bisa lebih sempurna daripada tahun-tahun sebelumnya.

Ya, lalu apa-apa saja yang perlu disiapkan menyambut bulan penuh kemuliaan tersebut?

Pertama, persiapan ma’nawiyah / spiritual .
Persiapan ma’nawiyah bisa dilakukan dengan memperbanyak ibadah sebelum Ramadhan tiba, seperti memperbanyak puasa sunnah, berdo’a, berdzikir dan lain-lain. Rasulullah saw dalam mempersiapkan diri menghadapi datangnya bulan suci tersebut telah memberikan contoh kepada ummatnya, di antaranya dengan memperbanyak puasa sunnah dibulan Sya’ban.

Diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anha,  “Aku tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berpuasa sebulan penuh melainkan (puasa pada) bulan Ramadhan. Aku juga tidak pernah melihat beliau shallallahu ‘alaihi wasallam sering berpuasa melainkan (puasa pada) bulan Sya’ban; beliau berpuasa sunnah pada bulan Sya’ban, kecuali pada sedikit hari saja.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Kedua, persiapan fikriyah / intelektual .
Persiapan fikriyah dapat dilakukan dengan mendalami ilmu, khususnya ilmu yang berkaitan dengan ibadah romadhan lebih khusus lagi ilmu yang terkait dengan puasa, agar dapat berwawasan yang benar tentang Ramadhan dan puasa Ramadhan hingga nantinya ketika menjalani ibadah Ramadhan dapat melakukannya dengan optimal dan dapat meraih hasil yang maksimal

Ketiga, persiapan jasadiyah dan maliyah/fisik dan materi .
Persiapan jasadiyah dan maliyah dapat dilakukan diantaranya dengan cara ber-olah raga, dengan hanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal, sehat dan menyehatkan dan dengan menabung sebagian hartanya sebagai bekal ibadah selama Ramadhan, hal tersebut karena rangkaian ibadah yang telah terformat selama Ramadhan hanya akan bisa dilaksanakan dengan optimal oleh orang yang mempunyai kesehatan prima.

Mari lakukan 3 jenis persiapan agar Ramadhan kita di tahun ini lebih sempurna dari yang sudah-sudah. (*)

Leave a comment


Masukan kode ini .... disini: Reload Kode

0 Comments

Artikel Terbaru

Rasulullah, Teladan Peduli Sosial saat Ramadhan

Salah satu kelebihan yang tidak bisa diabaikan dari Ramadhan adalah mendidik umat untuk peduli ...Selengkapnya

Agar Itikaf Istiqomah dan Efektif

Oleh : KH. Muhammad Sholeh Drehem, Lc. M.Ag. Salah satu ibadah yang melekat pa...Selengkapnya

Inilah ramadhan Istimewaku

oleh : KH. M Sholeh Drehem, Lc Bismillah... LaKAL hamdu ya Robbi..,...Selengkapnya

Berita Terbaru

KKD Berjalan Lancar dan Efektif

Alhamdulillah, pelaksanaan Kuliah Kerja Dakwah (KKD) Mahasiswa STIDKI Ar-Rahmah Surabaya berjalan...Selengkapnya

Hasil Tes PMB Diumumkan 30 Mei

Alhamdulillah….tes seleksi nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STIDKI Ar-Rahmah Tahun...Selengkapnya

Diklat Pembekalan Bitsatul Aimmah

Tidak terasa sebentar lagi kaum muslimin memasuki bulan suci Ramadhan. Berbagai persiapan dilak...Selengkapnya