Majukan Masjid dengan Perbanyak Silaturrahim

Majukan Masjid dengan Perbanyak Silaturrahim

Alhamdulillah..., Workshop Nasional Manajemen Masjid di hotel Shangri-La Surabaya Minggu kemarin berjalan lancar. Acara diselenggarakan atas kerja sama antara tiga belah pihak yakni Masjid Akbar Moed'har Arifin (MAKMAR) Gresik, STIDKI Ar Rahmah Surabaya dan BNI Syariah.

Momen special tersebut dihadiri kurang lebih 400 peserta yang berasal dari 5 propinsi, Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. Sebagian di antaranya merupakan perwakilan dari 200 perwakilan masjid di Jawa Timur.

Workshop dilaksanakan mulai pukul 08.00 sd pukul 16.00. Sambutan pertama disampaikan oleh Prof. Dr. H Moh. Ali Aziz, M. Ag mewakili Masjid Moed'har Arifin Gresik. Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua Pembina STIDKI Ar Rahmah Surabaya KH Muhammad Sholeh Drehem, Lc dan yang ketiga dari BNI Syariah.

Dalam sambutannya, KH Muhammad Sholeh Drehem, Lc menyampaikan  “Andaikan Nabi SAW   hadir di tempat ini, pastilah ia bangga melihat umatnya berkumpul untuk memajukan masjid serta berkeringat membimbing manusia ke surga.“  Beliau menambahkan bahwa untuk memajukan masjid, kita harus memperbanyak silaturrahim, bertukar pikiran, dan saling menyemangati. Dengan cara itulah kita akan memiliki kekuatan besar.

Ustadz Muhammad Jazir ASP (pakar manajemen masjid Indonesia) sekaligus ketua takmir Masjid Akbar Moed'har Arifin,  menyampaikan “Kami menolak puluhan pendaftar workshop dari banyak propinsi, karena telah melebihi kapasitas gedung.” “Alhamdulillah sejumlah pendiri masjid, termasuk pendiri masjid Namira Lamongan dan masjid ala Madinah, Masjid Suciati Jogjakarta juga datang. Inilah segi positif sebuah workshop di hotel berbintang,” tambahnya.

Ustadz Asep Saepul dari Bogor (owner Jambu Raya, penggiat ekonomi masjid) juga hadir sebagai pembicara. Beliau menyampaikan bahwa penting sebuah masjid memiliki usaha mandiri sebagai tulang punggung  perekonomian masjid. Para peserta sangat antusias dalam menyimak para pemateri. Pada saat sesi tanya jawab dibuka, banyak penanya yang bertanya bagaimana cara masjid bisa menjadi solusi bagi umat.

Di tengah- tengah acara, ada seremonial singkat yaitu pelepasan KKD (Kuliah Kerja Dakwah)  mahasiswa angkatan 2015 secara simbolis dari pihak STIDKI Ar Rahmah Surabaya kepada ustadz Muhammad Jazir ASP (perwakilan masjid Jogokaryan).  

Workshop tersebut diakhiri dengan pengundian 2 paket umroh dan 3 tiket menginap di hotel Sahid. (Ihsanudin)

Leave a comment


Masukan kode ini .... disini: Reload Kode

0 Comments

Artikel Terbaru

Mewaspadai Niat Buruk

Bismillah... Alhamdulillah was-sholaatu was-salaamu  ‘&r...Selengkapnya

Kebebasan Memilih

(Oleh: KH. Ahmad Mudhofar Jufri)   Sebuah ilustrasi ringan dan...Selengkapnya

KEBERSAMAAN YG TAK AKAN BERLALU

Oleh : KH. M. Sholeh Drehem, Lc   Bismillah.. La...Selengkapnya

Berita Terbaru

Seleksi Nasional PMB Dimulai di Jakarta dan Lombok

Sebagai tindak lanjut dari berakhirnya proses pendaftaran mahasiswa baru (PMB) STIDKI Ar-Rahmah T...Selengkapnya

Musabaqah Thullabiyah Marakkan Isra Miraj STIDKI Ar-Rahmah

 “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil ...Selengkapnya

Majukan Masjid dengan Perbanyak Silaturrahim

Alhamdulillah..., Workshop Nasional Manajemen Masjid di hotel Shangri-La Surabaya Minggu kemarin ...Selengkapnya