Musabaqah Thullabiyah Marakkan  Isra Miraj  STIDKI Ar-Rahmah

Musabaqah Thullabiyah Marakkan Isra Miraj STIDKI Ar-Rahmah

 “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, yang telah Kami berkahi sekelilingnya, agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (QS al-Isra [17]: 1).

Isra’ Mi’raj Rosulullah Muhammad shallahu ‘alaihi wasallam adalah hari besar umat Islam, di mana di dalamnya ada peristiwa penting yang terjadi pada Rosulullah Muhammad shallahu ‘alaihi wasallam, yaitu perjalanan beliau dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian di lanjutkan ke langit Sidratul Muntaha yang di tempuh selama satu malam. Dari peristiwa ini pulalah disyari’atkan kewajiban shalat lima waktu sehari semalam.

Umat Islam di seluruh dunia pun memperingati peristiwa Isra’ Mi'raj tersebut dengan berbagai macam kebaikan. Tak terkacuali keluarga besar STIDKI Ar-Rahmah Surabaya, yang pada Rabu kemarin menyelenggarakan Musabaqah Thullabiyah yang terdiri dari Musabaqah Hifdzil Qur’an, Musabaqah Qiraatil Kutub, pembuatan video bahasa Arab, dan mencari permasalahan-permasalahan yang sering terjadi di luar dan di dalam masjid beserta jawabannya.

Sebelum rangkaian acara digelar, dimulai dengan pembukaan, dipandu langsung oleh Koordinator Tim Ketahfidzan Ustadz. Anfaul ‘ulum, Lc. Kemudian dilanjutkan dengan lomba Musabaqah Hifdzil Qur’an cabang 5 juz, cabang 10 juz, 15 juz, dan 20 juz. Para mahasiswa yang ikut dalam ivent tersebut sangat antusias.

Siang harinya, dari waktu Dzuhur sampai Asar, persiapan bagi para peserta qiraatil kutub yang dilaksanakan selepas shalat Asar di ruang utama masjid Ar-Rahmah. Acara berlanjut sampai menjelang waktu Maghrib. Istirahat sebentar hingga bakda Isya, tepat jam 20:00 semua mahasiswa berkumpul di aula utama asrama mahasiswa. Giliran acara kali ini yakni nonton bersama video Bahasa Arab persembahan masing-masing angkatan. Sekaligus penilaian oleh tim juri yang sudah siap di tempat.

Di ujung acara diumumkan para juara sekaligus pembagian hadiah di masing-masing lomba. Tentu bukan hadiah yang diharapkan, namun  adanya suasana saling menguatkan ukuwah Islamiyah satu sama lain dan memupuk semangat dalam berkompetensi untuk menjadi yang terbaik serta meningkatkan ghirah berlomba-lomba melakukan kebaikan. (Fathul Muin)

Leave a comment


Masukan kode ini .... disini: Reload Kode

0 Comments

Artikel Terbaru

Dhuha Taubat

Oleh ; KH. M. SHOLEH DREHEM,Lc   Bismillah.. Alh...Selengkapnya

Al Quran sebagai Pedoman Hidup

(Oleh: KH. Ahmad Mudhofar Jufri) Al-Qur’an diturunkan u...Selengkapnya

Memahami Al Quran, Modal Menjadi Manusia Unggul

Al Qur’an terdiri dari 30 juz yang ditafsirkan oleh ribuan jilid kitab tafsir, ribuan hadit...Selengkapnya

Berita Terbaru

Motivasi Semangat Menghafal Bersama Naja

Suasana Masjid Ar-Rahmah Jl. Teluk Buli Surabaya, Senin (24 Juni) pagi kemarin lain dari biasanya...Selengkapnya

Permintaan Lulusan STIDKI Terus Mengalir

Alhamdulillah… meski belum dinyatakan lulus menyelesaikan studi S-1 nya di STIDKI  Ar...Selengkapnya

23 Mahasiswa Sidang Skripsi

Dengan semangat dan persiapan yang matang, pagi hari itu Senin (17 Juni) itu, M. Ahnaf Dzikrullah...Selengkapnya