23 Mahasiswa Sidang Skripsi

23 Mahasiswa Sidang Skripsi

Dengan semangat dan persiapan yang matang, pagi hari itu Senin (17 Juni) itu, M. Ahnaf Dzikrullah bersiap memasuki ruang sidang. Setelah berbulan-bulan mengumpulkan bahan dan mempersiapkan hingga menjadi sebuah karya tulis, pagi itu mahasiswa STIDKI Ar-Rahmah Surabaya semester akhir itu saatnya berjuang mempertanggungjawabkan tugas akhir skripsinya itu di depan dewan penguji. Dan alhamdulillah, selama kurang lebih sejam, dengan tema skripsi ‘Manajemen Program Khutbah Jum’at Masjid Al Ikhlas Tanjung Sadari Perak Surabaya’, Ahnaf Dzikrullah berhasil mempertahankan karya skripsinya dengan hasil memuaskan.

Ahnaf tentu saja menjadi bagian dari sebanyak 23 mahasiswa tingkat akhir STIDKI Ar-Rahmah yang selama seminggu ini harus berjuang di depan dewan penguji skripsi. Dan ini juga merupakan sejarah baru bagi kampus di kawasan Teluk Buli itu, sebab sejak berdiri 4 tahun yang lalu, kini saatnya bersiap menelurkan lulusannya untuk siap mengabdi di masyarakat. Mahasiswa perdana STIDKI Ar-Rahmah angkatan tahun 2015 itu pun bersiap terjun ke masyarakat, untuk menerapkan ilmu yang selama 4 tahun didapat di kampus. Dan pada Jum’at (21 Juni) ini rangkaian sidang ujian skripsi itupun berakhir.

 “Alhamdulillah semuanya berjalan lancar sesuai harapan,” ujar Pembantu Ketua I STIDKI Ar-Rahmah, Ust. Fathurrahman MS, Lc., MA, M.Ed. Selama 5 hari berturut-turut para mahasiswa itu bergiliran mengikuti ujian skripsi di depan dewan penguji. Selama 15 menit pertama, mahasiswa memaparkan hasil karya tulisnya, 15 menit kedua tanggapan pembimbing pertama, demikian seterusnya, hingga sekitar sejam ujian itu usai. Setiap hari ada 4-5 mahasiswa yang mengikuti ujian skripsi ini. Dewan penguji skripsi terdiri dari Prof. Dr Moh Ali Aziz M. Ag,, Bramayuda M.M, Bambang Subandi M.Ag, Dr Supriyanto S.Si, M.Si, Dr Abdul Muhid M.Si  dan A. Khoirul Hakim M.Si.

Sesuai dengan jurusannya, seluruh tema karya tulis skripsi mahasiswa di seputar manajemen masjid. Tak tanggung-tanggung, objek penelitian mahasiswa pun masjid berskala nasional, seperti Masjid Al Akbar Surabaya, di samping juga Masjid Al Falah, Masjid Al Irsyad, Masjid Mujahidin, Masjid Kemayoran, Masjid Baitul Ikhsan Bank Indonesia, Masjid  Baitul Hakam Pelindo 3, dan tentu saja Masjid Ar-Rahmah Surabaya.

Ujian skripsi para mahasiswa itu merupakan akhir dari rangkaian karya penelitian yang sudah dimulai beberapa bulan yang lalu. Pada Desember tahun lalu para mahsiswa menyelenggarakan seminar proposal, sebagai langkah awal pengerjaan skripsi, juga di depan dewan penguji.  Seminar proposal ini menyangkut persiapan secara teknis maupun non-teknis terhadap rencana skripsi yang hendak dibuat, utamanya menyangkut garis besar penyusunan dan penulisan skripsi termasuk metodologi yang dipakai.  (*)

Leave a comment


Masukan kode ini .... disini: Reload Kode

0 Comments

Artikel Terbaru

Masjidku, Rumah Keduaku

Bismillah... Alhamdulillah was-sgolasti was-salaamu ‘ala Rasulillah SAW wa aalihi wa...Selengkapnya

Tinggalkan Keraguan

(Oleh: Ust. Ahmad Habibul Muiz) Dari Abu Muhammad Al-Hasan bi...Selengkapnya

Berlindung dari Segala Keburukan

(Oleh: Ustadz Ahmad Mudzoffar Jufri, MA) Firman Allah SWT: Katakanlah: Aku berlindu...Selengkapnya

Berita Terbaru

Ikuti Pembinaan Wasbang di Korem 084 BJ Sidoarjo

Sungguh besar harapan STIDKI Ar-Rahmah Surabaya agar para mahasiswa barunya benar-benar telah sia...Selengkapnya

Jalin Sinergitas dengan Griya Quran dan Suara Muslim Network

Kembali STIDKI Ar-Rahmah Surabaya menjalin sinergi dengan pihak ketiga dalam rangka peningkatan k...Selengkapnya

Orientasi Maba Sebelum Kuliah

Serangkaian acara penyambutan mahasiswa baru STIDKI Ar-Rahmah tahun akademik 2018/2019 masih teru...Selengkapnya