Orientasi Maba Sebelum Kuliah

Orientasi Maba Sebelum Kuliah

Serangkaian acara penyambutan mahasiswa baru STIDKI Ar-Rahmah tahun akademik 2018/2019 masih terus berlanjut. Seusai prosesi pengukuhan 6 Juli lalu, keesokan harinya diadakan serangkaian kegiatan pembekalan dan pengenalan lingkungan kampus dalam program TOP (training, orientasi dan pemantapan). Program khusus bagi mahasiswa baru itu sengaja dirancang agar terdapat persamaan persepsi sebelum mereka mengikuti pembelajaran di kampus.

TOP adalah proses awal agar para mahasiswa memiliki persepsi yang sama akan tujuan mereka kuliah di STIDKI Ar-Rahmah, dengan menggembleng mereka agar memiliki jiwa sang pejuang, bermental mujahid, serta agar siap menghadapi berbagai permasalahan dalam proses tempuh selama kuliah.

TOP diawali pada 7 Juli pukul 08.00 di ruang B kampus STIDKI Ar Rahmah dihadiri 36 mahasiswa baru, panitia dan sebagian Asatidz. Agenda TOP dibuka langsung Ketua STIDKI Ar Rahmah Surabaya, Ust. Ahmad Mudzoffar Jufri MA. TOP merupakan sarana mahasiswa baru untuk mengenal dan lebih dekat (masa ta'aruf) antar mahasiswa, termasuk mahasiswa lama, juga para asatidz STIDKI Ar Rahmah. TOP diselenggarakan selama 2 minggu, berakhir tanggal 21 Juli, sebelum mahasiswa baru itu mengikuti awal perkuliahan pada 22 Juli.

Di hadapan mahasiswa baru, Try Ma’rifan Najib selaku Presiden BEM STIDKI Ar Rahmah menyampaikan harapannya agar mahasiswa baru tetap bersabar dalam menjalani masa-masa pengenalan ini apapun yang diberikan oleh para panitia. “Ini agenda tahunan sebelum aktif masuk perkuliahan,” ujar Try Ma’rifan Najib.

Secara umum setiap hari agenda TOP dimulai pada pukul 03:00 WIB dengan qiyamul lail, shalat subuh berjamaah dan pembacaan ma’tsurat dan berakhir hingga pukul 22:00. Beragam acara di antaranya olahraga, mentoring leadership, pemberian materi dan serangkaian penugasan. Di antara pemateri pada minggu pertama TOP adalah Ust. Anfaul Ulum (dengan tema Adab para Penghafal Al Qur’an dan Metode Tahsin), dan Ustadz Rahmat Alfian (dengan tema ‘Dunia oke, Akhirat yes’).

Selain itu juga diagendakan medical check-up bekerjasama dengan RS Al-Irsyad Surabaya. Agar acara menjadi lebih dinamis panitia juga menyelenggaraan ‘Stand-up Dakwah’, sebuah program agar para mahasiswa jadi kreatif dan inovatif, menjalin ukhuwah dan semangat belajar Al Qur’an. Dan untuk menumbuhkan kepedulian, sehat jasmani kekompakan tim, kebersihan dan kerapian juga digelar outbond. (Nur Muhammad Ihsanudin)

Leave a comment


Masukan kode ini .... disini: Reload Kode

0 Comments

Artikel Terbaru

Istiqomah Berdzikir

Oleh : Ust. Muhammad Sholeh Drehem Lc Pada hakekatnya, setiap lafal dzikir ma&rsq...Selengkapnya

Kebenaran, Kebaikan dan Peluang

(Oleh: KH. Ahmad Mudhofar Jufri) Kebenaran dan kebaikan itu dari dan milik Allah....Selengkapnya

MENYIKAPI UJIAN

Oleh KH M Sholeh Drehem,Lc   Bismillah... LaKAL ...Selengkapnya

Berita Terbaru

Kita Layak Memimpin

Ustadz Shobikh pada Upacara HUT Kemerdekaan ke-74: Kita Layak Memimpin ...Selengkapnya

Kita Layak Memimpin

Ustadz Shobikh pada Upacara HUT Kemerdekaan ke-74: Kita Layak Memimpin ...Selengkapnya

Setiap Masjid Harus Memiliki Gerai

Ilmu itu diikat dengan mencatat. Itulah sepenggal kalimat yang diucapkan Ustadz Fathurrahman Ma...Selengkapnya