2 Mahasiswa Raih Juara di MTQ Jatim ke-28

2 Mahasiswa Raih Juara di MTQ Jatim ke-28

Alhamdulillah… prestasi gemilang kembali diukir mahasiswa STIDKI Ar-Rahmah Surabaya. Prestasi itu diraih dalam ajang Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-28 Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan di Kabupaten Tuban, 26 Oktober hingga 2 November baru-baru ini.

Ada 2 mahasiswa yang meraih prestasi tersebut.  Rahmat Alfian Hidayat, mahasiswa sekaligus Presiden BEM STIDKI Ar-Rahmah kembali dinobatkan menjadi Juara I Lomba Tafsir Bahasa Inggris, sebuah prestasi yang pernah diraihnya pada even serupa 2 tahun yang lalu. Sementara mahasiswa lainnya, Faiqul Istiqlal, dalam jenis Lomba Tafsir Bahasa Arab. meraih juara harapan I.

MTQ ke-28 kali ini bertema “Melalui MTQ ke-28 Jatim tahun 2019, Kita Tingkatkan Pemahaman Al Qur’an Untuk Kemajuan Bangsa”, sudah sudah menggunakan digital. Gelaran ini diikuti 1778 peserta dengan rincian 1.320 peserta dan 458 official. Mereka berkompetisi pada 7 cabang lomba dengan 23 golongan. Ajang bergengsi ini juga salah satunya bertujuan agar bisa semakin banyak melahirkan generasi muda yang cinta Al Qur’an.

Ada 7 jenis lomba dalam ajang MTQ Jatim 2019 ini, meliputi Tilawah, MHQ (Musabaqoh Hifdzil Qur’an), Tafsir (Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris), MKQ (Khot Qur’an, dekorasi, Hiasan mushaf, naskah, kontemporer), MMQ  (Makalah Qur’an), MSQ (Syarhil Qur’an) dan MFQ (Fahmil Qur’an) atau Cerdas Cermat Qur’an.

Yang pasti, prestasi kali bagi Rahmat Alfian Hidayat menambah deretan keberhasilan yang pernah diraih sebelumnya. Di antaranya, ketika masih semester pertama pada tahun 2017 yang lalu, pada MTQ ke-27 Jatim yang diselenggarakan di Pasuruan, mahasiswa asal Sedati Ngoro Mojokerto ini berhasil meraih Juara Pertama untuk Lomba Tafsir Bahasa Inggris Putra.  pada gelaran Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-27 Jawa Timur yang diselenggarakan di Pasuruan awal Oktober baru-baru ini.

Rahmat juga pernah menyabet juara 2 MHQ (Musabaqoh Hifdzil Qur’an/Hafalan Qur’an ) 20 Juz tingkat Kab. Sidoarjo, tahun 2015 meraih juara harapan 1 MHQ 20 Juz antar pesantren se-Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara, tahun 2016 juara 2 Tafsir Bahasa Indonesia se- Kab. Sidoarjo, juga juara 2 MHQ 10 Juz Tingkat Jatim yang diselenggarakan Komunitas One Day One Juz. Kemudian pada tahun 2017 ini meraih juara 2 MHQ 5 Juz tingkat SMA se-Jatim di UNISMA Malang, dan juara 3 Seleksi MHQ antar Pesantren se-Jatim.

Sementara itu bagi Faiqul Istiqlal, sebelum meraih prestasi dalam gelaran istimewa di tahun 2019 tersebut, banyak even-even yang pernah diikutinya. Di antaranya pada gelaran MTQ Mahasiswa se-Pulau Jawa di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, bertema "Generasi Milenial Berjiwa Qur'ani Wujudkan Indonesia Emas", Oktober 2018 silam. Ketika itu Faiqul Istiqlal termasuk 7 mahasiswa delegasi STIDKI Ar-Rahmah berpartisipasi dalam beragam jenis lomba, dan Faiqul Istiqlal sendiri mengikuti ajang Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) kategori 10 juz. (*)

Leave a comment


Masukan kode ini .... disini: Reload Kode

0 Comments

Artikel Terbaru

Hati-hati dengan Dendam

Oleh: KH. Muhammad Sholeh Drehem, Lc   Bismillah... ...Selengkapnya

Buah Kesempurnaan Iman

Oleh: Ustadz Herma Musyanto, S.Si. Perihal pentingnya akhlak dalam kehidupan s...Selengkapnya

Mengenal Konsep Islam Moderat

Oleh: Ust. Fathurrahman MS, Lc, MA, M.Ed.   Kerap kita mendenga...Selengkapnya

Berita Terbaru

Sinergi Qurani Membangun Negeri Melalui Tahfizh Awards 2019

Dalam rangka turut serta menguatkan sinergitas dan kolaborasi antar berbagai lembaga penggiat t...Selengkapnya

2 Mahasiswa Raih Juara di MTQ Jatim ke-28

Alhamdulillah… prestasi gemilang kembali diukir mahasiswa STIDKI Ar-Rahmah Surabaya. Prest...Selengkapnya

Turut Berduka Cita atas Wafatnya Bapak Moch. Hasyim,SE

Segenap Civitas Akademika STIDKI AR RAHMAH Surabaya turut berduka cita atas wafatnya  Bapak ...Selengkapnya