Februari

25

2020

Jalin Kerjasama Penelitian dengan IDIA Prenduan

Kembali STIDKI Ar-Rahmah Surabaya menjalin kerjasama dan sinergitas dengan pihak ketiga. Kali ini dengan  Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan (IDIA)  Prenduan Sumenep. Rombongan STIDKI Ar-Rahmah bertolak ke kampus IDIA di Kompleks Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep, Senin (24 Pebruari) kemarin.

Alhamdulillah, dari kunjungan silaturrahim tersebut disepakati untuk saling memperkuat hubungan kerjasama kelembagaan kedua lembaga, yang kemudian dituangkan dalam bentuk MoU (Memorandum of Understanding),

Kebetulan STIDKI Ar-Rahmah Surabaya dan IDIA Sumenep punya kesamaan tujuan. STIDKI Ar-Rahmah Surabaya adalah kampus pencetak imam sekaligus manajer masjid, sekaligus pemimpin peradaban. Sementara IDIA Sumenep bertujuan menjadi Perguruan Tinggi Islam terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pembinaan karakter unggul berlandaskan Iman Sempurna, Ilmu Luas dan Amal Sejati.

Dalam forum kebersamaan tersebut, Ketua STIDKI Ar-Rahmah Surabaya, Dr. Shobikhul Qishom menyampaikan pentingnya menjalin kerjasama untuk memperkuat peran lembaga pendidikan tinggi Islam khususnya dalam rangka melaksanakan peran Tri Darma Pendidikan dengan lebih substansial.

Kerjasama kali ini perlu dititikberatkan pada aspek penelitian, jurnal, seminar dan forum ilmiah berskala nasional maupun internasional serta kerjasama pengabdian mahasiswa.  Ini sejalan dengan STIDKI Ar-Rahmah yang memang mempunyai visi yang fokus mencetak imam dan manajer masjid serta dai profesional untuk Indonesia dan Asia-Pasifik. “Untuk mencapai sasaran itu tentu dibutuhkan kerjasama dengan banyak pihak,” ujar Dr. Shobikhul Qishom.

Sementara itu, Rektor  IDIA Sumenep, Dr. KH. Ghozi Mubarok yang akrab disapa Kyai Ghozi menyatakan merasa sangat bahagia dan menyambut baik inisiatif bekerjasama ini dan berharap ada follow-up lebih nyata, terutama untuk saling meneguhkan kelembagaan kedua belah pihak. “Apalagi alhamdulillah tahun ini di IDIA ada 8 dosen yang lolos mendapatkan hibah penelitian," tambah Kyai Ghozi.

Dari STIDKI Ar-Rahmah Surabaya rombongan dipimpin Dr. Shobikhul Qishom, M.Pd selaku Ketua, bersama Ust. Ahmad Habibul Muiz, Lc., M.Sos selaku Wakil Ketua, Ust. Faiz Khudhori, MM selaku Kaprodi Manajemen Dakwah serta Ust. Mauludi, M.Kom Sekretaris Prodi, serta Ust Farisul Haq, M.A Kabag Kemahasiswaan.

Sedangkan yang hadir dari pihak IDIA Prenduan Dr. KH. Ghozi Mubarok selaku Rektor, Dr. Mustofa Wahid, M.Pd selaku Wakil Rektor, Dr. H. Fatah Syamsuddin Dekan Fak. Dakwah serta Kaprodi KPI Ust. Zulfikar Ali, M.Kom dan Kaprodi BPI ust Nur Cholis.

Acara di kemas semi formal tetapi terasa sangat akrab dengan banyak diskusi dan bertukar pengalaman dari mulai persiapan akreditasi untuk memenuhi Standart 9  dan pelaksanaan seminar internasional agenda dilanjut dengan pertukaran cindera mata serta  ramah tamah.

Sebagaimana diketahui beragam ikhtiar dilakukan STIDKI Ar-Rahmah untuk makin mengenalkan keberadaan dan mengoptimalkan  program-program kampus. Salah satunya adalah dengan senantiasa menjalin silaturrahim dan kerjasama dengan berbagai lembaga. 

Awal Januari lalu bekerjasama dengan Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.  ‘Academic Sharing’ antar dua kampus ini menghasilkan  MoU peningkatan kelembagaan. Kerjasama lainnya pada awal Desember lalu kerjasama dengan Universitas Darussalam (Unida) Gontor, dalam bentuk menyelenggarakan ‘Seminar Pemikiran dan Peradaban Islam’. 

Yang lain, di awal tahun 2019 kerjasama akademik dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Termasuk kerjasama semiloka ‘Upgrading Metodologi Penelitian di Perguruan Tinggi Keagamaan’. Sinergitas juga dijalin dengan melakukan kunjungan silaturrahim ke Masjid Al Falah Surabaya dan Masjid Al Akbar Surabaya beberapa waktu silam. (*)

Jl. Teluk Buli I/3-5-7, Surabaya, Jawa Timur - Indonesia
031-3284306
Official@stidkiarrahmah.ac.id

© 2021 STIDKI AR RAHMAH. All Rights Reserved W3layouts