Tawadu’ Menyucikan Hati

Tawadu’ Menyucikan Hati

(Oleh : Ust. Ahmad Habibul Muiz, Lc.,M.Sos.)

 

Tawadu’ menjadi media yang efektif untuk mentazkiyah diri. Said Hawwa, seorang penulis muslim ternama mengatakan bahwa khidmah atau sifat melayani dan tawadu’ adalah dua wasilah yang sangat efektif dan penting untuk tazkiyatun nafs.

Bila kedua hal ini tampil secara maksimal dalam diri seseorang dan sudah ada dalam dirinya, maka bisa dikatakan hati orang tersebut sudah terbersihkan. Kemudian, tawadu’ adalah suatu sikap seseorang yang meski ia memiliki kelebihan, ia lebih memilih tidak menunjukkan kelebihan tersebut.

Bisa juga dimisalkan seseorang dengan jabatan atau posisi yang lebih tinggi, tapi orang tersebut tidak memanfaatkan atau menunjukkan hal tersebut pada orang yang di bawahnya.

Sementara itu, dalam Al-Qur’an juga disebutkan bahwa sebagai umat Islam kita harus mempunyai dua sifat penting, yaitu sifat Al-Khidmah, kemauan untuk membantu atau melayani orang lain dengan perasaan tawadu’. Sifat ini, Al-Khidmah dan tawadu’ sangat ampuh untuk mensucikan hati.

Kedua sifat ini memang harus sering  dilatih. Karena, tidak akan mudah untuk memiliki sifat ini. Dengan sifat tawadu’ kita bisa bergaul dan berteman pada siapapun tanpa memandang status atau latar belakangnya. Dapat membantu orang-orang ataupun berteman dengan orang baru tanpa merasa kehilangan harga diri.

Dengan sifat ini, kita belajar menempatkan diri. Dan dengan tawadu’ pula kita bisa meraih kemuliaan Allah subhanahu wa ta’ala. (*)

Leave a comment


Masukan kode ini .... disini: Reload Kode

0 Comments

Artikel Terbaru

Ikhlas yang Efektif

Oleh : KH. Muhammad Sholeh Drehem, Lc   Bismillah  ...Selengkapnya

Ini Jalan Dakwah Saya

 (Oleh: KH. Ahmad Mudzoffar Jufri, MA.) Kepada semua tem...Selengkapnya

Ayo Semakin Kuat

Oleh KH. Muhammad Sholeh Drehem, Lc   Bismillah ...Selengkapnya

Berita Terbaru

UAH Dukung Pembangunan Kampus di Trawas

Alhamdulillah… baru-baru ini Ustadz Adi Hidayat Lc, MA.  berkesempatan bersilatu...Selengkapnya

600 Pendaftar Ikuti Seleksi PMB

Hingga ditutup akhir Mei yang baru lalu, jumlah pendaftar dalam sistem Penerimaan Mahasiswa Bar...Selengkapnya

Peran Multifungsi Mahasiswa Selama Ramadhan

Program Bi'tsatul Aimmah (Pendelegasian Imam Taraweh) Mahasiswa STIDKI Hafidz Al Qur'an p...Selengkapnya