600 Pendaftar Ikuti Seleksi PMB

600 Pendaftar Ikuti Seleksi PMB

Hingga ditutup akhir Mei yang baru lalu, jumlah pendaftar dalam sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STIDKI Ar-Rahmah Surabaya gelombang kedua mencapai 200-an pendaftar. Dengan demikian jumlah total pendaftar PMB sejak gelombang pertama mencapai 600 calon mahasiswa. Hampir dua kali lipat dibanding jumlah pendaftar PMB tahun yang lalu.
Para pendaftar tersebut berasal merata dari hampir seluruh propinsi di Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Termasuk juga dari Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulbar, Sulsel, Sultengah, Sultenggara, Maluku, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, Banten, Bengkulu, DIY, DKI Jakarta, Jabar. Jateng, dan Jatim.
“Alhamdulillah… dibanding tahun-tahun sebelumnya jumlah pendaftar semakin meningkat. Ini bukti bahwa STIDKI Ar-Rahmah sebagai kampus penghafal Al Qur’an berbeasiswa 100 persen semakin dikenal, diterima, diminati dan memasyarakat hingga seluruh penjuru nusantara,” ujar Ust. Reka Gunawan, penanggung jawab PMB STIDKI Ar-Rahmah Surabaya tahun 2021. 
Sebenarnya proses pendaftaran PMB STIDKI Ar-Rahmah sudah ditutup akhir Maret yang lalu, namun diperpanjang 2 bulan kemudian mengingat banyaknya permintaan sejumlah pihak dan memberi kesempatan bagi yang belum sempat mendaftar.
Perjalanan panjang masih harus ditempuh para pendaftar tersebut hingga akhirnya nanti ditetapkan sebagai mahasiswa baru terpilih untuk mengikuti perkuliahan jenjang S1 Prodi Manajemen Dakwah STIDKI Ar-Rahmah Surabaya  untuk tahun perkuliahan 2021/2022 ini.
Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, seusai tahap pendaftaran berakhir, tahap berikutnya adalah serangkaian verifikasi dan seleksi. Verifikasi menyangkut kelengkapan berkas pendaftar sedangkan proses seleksi  berlangsung bertahap hingga pengumuman kelulusan calon mahasiswa baru.
Di antara proses seleksi meliputi tes hafalan dan tahsin, tes bahasa Arab dan pengetahuan ke-Islaman, juga tes TPA dan Psikotes (berbasis CBT /Computer Based Tes). Proses seleksi praktek meliputi tes menghafal Al Qur’an, tes performa dan suara via video Youtube, dan tes wawancara. 
STIDKI Ar-Rahmah Surabaya dengan Program Studi Manajemen Dakwah adalah kampus pertama dan satu-satunya di Indonesia yang berbeasiswa penuh dengan target utama menghasilkan sarjana manajer dan imam masjid sekaligus pemimpin peradaban yang unggul di tingkat Asia Pasifik pada tahun 2030
Salah satu keunggulan STIDKI Ar Rahmah Surabaya, perhatian utama pada program Tahfidz Al-Qur'an. Dengan tujuan akhir mencetak penghafal Al Qur'an yang mutqin sekaligus berakhlaq qur'ani, program Tahfidz Al Qur'an STIDKI Ar Rahmah diupayakan berjalan di atas tiga kekuatan.
Pertama, kekuatan seleksi, yakni seleksi awal kompetensi Al Qur'an menjadi salah satu kunci sukses yang sangat diperhatikan. Kedua, kekuatan SDM, di mana STIDKI Ar Rahmah mengupayakan terbangunnya kualitas hafalan mahasiswa melalui kualitas para dosen Al Qur'an. Dan ketiga, kekuatan proses, yaitu proses pembelajaran Tahfidz Al Qur'an menggunakan sistem SKS dengan pola halaqoh. 
Setiap tahapan proses pembelajaran mengacu pada standarisasi yang telah ditetapkan dan dievaluasi secara intensif sehingga proses dan hasil capaian dapat terkawal dengan baik. Proses ini juga didukung program penguat seperti musabaqoh hifdzil Qur'an, tasmi', khotmil qur'an, mukhoyyam Al Qur'an, dan sebagainya.
Sesuai visi dan misinya, beberapa keunggulan bisa didapat mahasiswa yang menimba ilmu di kampus yang beralamat di Teluk Buli I/3-5-7 Surabaya tersebut. Di samping full scholarship, di kampus ini juga disediakan reward umroh bagi mahasiswa dengan prestasi Al Quran terbaik di setiap tahunnya.
Sejak berdiri 6 tahun yang lalu, keberadaan STIDKI Ar-Rahmah mendapat tempat dan menjadi rujukan masyarakat , baik dalam maupun luar negeri. Prestasi mahasiswa pun sudah terukir dengan raihan berbagai penghargaan pada lomba MTQ dan MHQ tingkat nasional. (*)

Leave a comment


Masukan kode ini .... disini: Reload Kode

0 Comments

Artikel Terbaru

Ikhlas yang Efektif

Oleh : KH. Muhammad Sholeh Drehem, Lc   Bismillah  ...Selengkapnya

Ini Jalan Dakwah Saya

 (Oleh: KH. Ahmad Mudzoffar Jufri, MA.) Kepada semua tem...Selengkapnya

Ayo Semakin Kuat

Oleh KH. Muhammad Sholeh Drehem, Lc   Bismillah ...Selengkapnya

Berita Terbaru

UAH Dukung Pembangunan Kampus di Trawas

Alhamdulillah… baru-baru ini Ustadz Adi Hidayat Lc, MA.  berkesempatan bersilatu...Selengkapnya

600 Pendaftar Ikuti Seleksi PMB

Hingga ditutup akhir Mei yang baru lalu, jumlah pendaftar dalam sistem Penerimaan Mahasiswa Bar...Selengkapnya

Peran Multifungsi Mahasiswa Selama Ramadhan

Program Bi'tsatul Aimmah (Pendelegasian Imam Taraweh) Mahasiswa STIDKI Hafidz Al Qur'an p...Selengkapnya