Juni

22

2021

Muammar Juara MHQ Festival Qurani UINSA

Kembali raihan prestasi Qur’ani diraih mahasiswa STIDKI Ar-Rahmah Surabaya. Di sela-sela masa akhir perkuliahan semester genap ini, Muhammad Muammar, mahasiswa semester 8, berhasil meraih predikat terbaik ketiga lomba Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) 20 juz dalam Festival Qurani 2021, yang berakhir Minggu (20 Juni) lalu.

“Alhamdulillah… meski tidak ada persiapan khusus, apalagi waktu itu kondisi badan masih belum fit sempurna,” ungkapan syukur Muhammad Muammar tentang keberhasilan lomba tahunan yang seharusnya diadakan tahun lalu, namun karena pandemi baru diselenggarakan baru-baru ini.

Festival Qurani 2021 diselenggarakan oleh UKM Pengembangan Tahfidzul Qur’an Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Festival tersebut merupakan Salah satu event besar dari UPTQ UINSA dalam rangka memberikan wadah untuk mengasah, mengembangkan dan meningkatkan  prestasi para aktivis Qur’ani.

Even tersebut juga sebagai bentuk upaya syiar agama dan membumikan ajaran qurani kepada generasi masa kini, melalui beberapa cabang perlombaan seperti Musabaqoh Hifdzil Qur’an, Musabaqoh Fahmil Qur’an tingkat se-jatim, dan LKTIQ tingkat Nasional. Even tahunan ini diikuti oleh ratusan peserta lomba dari tingkat Jawa Timur hingga tingkat nasional.

Untuk tahun ini tema festival adalah ’Aktualisasi Nilai-Nilai Qurani dalam Meneguhkan Paham Kebangsaan Bagi Generasi Milenial’, melombakan beberapa cabang diantaranya MHQ 5, 10 dan 20 juz, Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ), Lomba Tartil dan Hafalan Al Qur’an (LTHQ), dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Qur’an (LKTIQ).

Bagi Muhammad Muammar yang asal Semarang itu, meskipun hingga sekarang pandemi Covid-19 belum juga berlalu, tidak menghalangi keinginannya untuk menimba banyak ilmu Al-Qur’an. Sembari menyelesaikan perkuliahan ia pun tak mensia-siakan kesempatan untuk berprestasi. Sebelum pandemi, atau tepatnya pada tahun 2019 Muhammad Muammar pernah membawa nama harum STIDKI Ar-Rahmah karena keberhasilannya meraih juara harapan pertama pada MHQ Cabang 20 Juz di Banyuanyar Madura.

Untuk tahun ini, Muhammad Muammar diamanahi sebagai Wakil Presiden BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) STIDKI Ar-Rahmah Surabaya tahun 2020/2021,membersamai Moh. Rifki Faukoni Sa'roni selaku presidennya. (*)

Jl. Teluk Buli I/3-5-7, Surabaya, Jawa Timur - Indonesia
031-3284306
Official@stidkiarrahmah.ac.id

© 2021 STIDKI AR RAHMAH. All Rights Reserved W3layouts