Juli

01

2021

Giliran Asesmen sebagai Institusi

Baik secara internal maupun eksternal, beragam ikhtiar senantiasa diupayakan untuk meningkatkan sekaligus menjamin kualitas STIDKI Ar-Rahmah Surabaya sebagai satu-satunya kampus pencetak imam dan manajer masjid pemimpin peradaban yang unggul di tingkat Asia Pasifik.

Salah satunya dengan ikhtiar akreditasi, baik pada program studi maupun institusi perguruan tinggi. Akreditasi adalah sebuah pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu. 

Awal Mei yang lalu, proses akreditasi terhadap Program Studi Manajemen  Dakwah STIDKI Ar-Rahmah Surabaya terlaksana dan mendapat apresiasi dari tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)  dengan nilai baik.  Berikutnya, pada 28-29 Juni yang baru lalu dilakukan Asesmen Lapangan untuk STIDKI Ar-Rahmah Surabaya sebagai institusi perguruan tinggi.

“Sambil menunggu hasil asesmen tersebut, apakah mendapat kriteria baik, baik sekali atau unggul, proses ini menjadikan kampus kami semakin bersemangat untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaannya,” demikian diutarakan Wakil Ketua I STIDKI Ar-Rahmah sekaligus Penanggungjawab Proses Asesemen Lapangan Perguruan Tinggi (ALPT), Ustadz Moch. Herma Musyanto, M.M.

Selama 2 hari ALPT, Prof Dr. Ris'an Rusli, MA dan Dr. Dra. Indi Djastuti selaku asesor melakukan konfirmasi lapangan atas  Laporan Evaluasi Diri STIDKI Ar Rahmah yang telah diajukan Juni 2020. “Proses tersebut juga sekaligus untuk memastikan apakah semua data yang disampaikan ke BAN-PT benar dan lengkap,” tambah Ustadz Herma Musyanto.

Data-data tersebut meliputi, latar belakang berdirinya, profil, visi-misi, tujuan, strategi, tata pamong, kemahasiswaan, SDM, keuangan dan sarpras, pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat serta luaran STIDKI Ar-Rahmah.

Hari pertama ALPT dihadiri Ketua Pembina Yayasan Ibadurrahman Surabaya, KH Muhammad Shaleh Drehem,  Ketua Yayasan Ibadurrahman Bp. Yasir Salim Basyrewan, Penasehat Yayasan, KH. Ahmad Mudzofar Jufri, MA, Ketua STIDKI Ar-Rahmah Dr. Shobikhul Qisom, M.Pd beserta jajaran pimpinan dan staf. Kedua asesor BAN-PT  mengkonfirmasi data kepada jajaran pimpinan dan senat. Konfirmasi terkait dengan kebijakan makro pengembangan institusi, sistem tata pamong, sistem pengelolaan, capaian institusi yang dilaporkan, dan rencana pengembangan perguruan tinggi.

Konfirmasi data juga melibatkan unsur eksternal (stakeholder), terkait keterlibatan, harapan, kepuasan dan masukan terhadap institusi. Menghadirkan  Bp. Moh. Amak Burhanuddin, M.Pdi. (Kasubag TU Kemenag Surabaya), Bp. Fajar Arifianto, M.Si (Radio Suara Muslim), Prof. Dr. KH. Moh. Ali Aziz, M.Ag. (Guru Besar UINSA), KH. Roziki, MM. (Ketua Dewan Masjid Indonesia Jawa Timur),  Ust. Sordarman Said (Takmir Masjid Ar Royyan Jombang), Dr. Thalib Bahasuan dan Ibu Yuida, SH (mewakili donator).

Pada hari kedua, asesmen dilanjutkan dengan proses wawancara kepada middle management seperti biro perpustakaan, biro keuangan, biro sarpras dan lainnya. Juga wawancara kepada mahasiswa dan alumni. Ada juga sesi penyampaian draft hasil asesmen dilanjutkan kesempatan memberikan umpan balik. Draft tersebut lalu didiskusikan hingga mencapai kesepakatan atas hasil temuan asesor, yang berkasnya secara fisik akan dikirimkan ke BAN-PT di Jakarta. (*)

Jl. Teluk Buli I/3-5-7, Surabaya, Jawa Timur - Indonesia
031-3284306
Official@stidkiarrahmah.ac.id

© 2021 STIDKI AR RAHMAH. All Rights Reserved W3layouts