Menurut data BPS tahun 2010, sebanyak 87,18 persen penduduk Indonesia beragama Islam sehingga Indonesia menjadi negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Namun, di sisi lain, hasil riset Kemenag RI tahun 2011 menunjukkan 89,9 persen dari 800 ribu masjid di Indonesia sepi kegiatan keagamaan. Sepinya aktivitas masjid di tengah besarnya jumlah penduduk muslim bisa jadi disebabkan pengelolaan masjid yang belum baik, tidak adanya imam masjid yang kompeten, serta keberadaan imam masjid yang tidak mampu menjadi pemimpin dan panutan masyarakat.


Hingga hari ini, belum ada wadah khusus pencetak imam sekaligus manajer masjid dan pemimpin masyarakat. Oleh karena itu, STIDKI Ar-Rahmah hadir mencetak imam masjid sekaligus pemimpin peradaban.

  • Sebagai jawaban kebutuhan masyarakat pada kehadiran imam masjid berkualitas, sebagai pelayan masyarakat dan pemimpin dakwah peradaban.
  • Berkomitmen kuat menjadi perguruan tinggi Islam yang profesional, dengan menerapkan sistem manajemen mutu terbaik, sehingga mampu melahirkan lulusan berkualitas berdasar jaminan mutu yang ditentukan.
  • Bertekad terus melakukan pengembangan berkelanjutan sehingga mampu memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat dan memilik daya saing di tingkat global.

Visi

Menjadi perguruan tinggi Islam yang profesional dalam membentuk da’i yang memiliki kompetensi komprehensif meliputi kompetensi keislaman, kepemimpinan, manajerial, dan berjiwa pendidik.

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan sistem pendidikan tinggi Islam yang memiliki keunggulan kompetitif.
  2. Melaksanakan manajemen perguruan tinggi Islam yang profesional, akuntabel, serta mengikuti perkembangan teknologi dan informasi.
  3. Melakukan serangkaian proses pengajaran, pengasuhan, pembinaan, dan pembentukan dai yang berperan sebagai imam masjid dan yang memiliki kompetensi keislaman, kepemimpinan, dan manajerial baik teori maupun praktek serta memiliki jiwa pendidik.
  • Mengembangkan sistem kurikulum pendidikan tinggi yang mengintegrasikan antara kurikulum dikti/diktis, kurikulum tarbawi, dan kurikulum khas Ar-Rahmah.
  • Melaksanakan sistem pembelajaran yang efektif implementatif dengan memadukan antara sistem perkuliahan formal, sistem ma’had, dan ..dan sistem pembelajaran di masyarakat.
  • Melaksanakan pola pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning) meliputi Student Active Learning (SAL), Problem Based Learning, dan Project Based Learning.
  • Melaksanakan sistem manajemen mutu pendidikan tinggi yang komprehensif yang mengacu pada 8 standar nasional pendidikan.
  • Full scholarship (bebas biaya hidup dan pendidikan).
  • Holistik-integratif yang menggabungkan antara kurikulum kemenag, kurikulum khas Ar-Rahmah, dan pembinaan kepribadian instensif.
  • Menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar dan komunikasi.
  • Menggunakan Metode pembelajaran meaningfull learning, joyfull learning, dan contextual learning.
  • Bekerja sama dengan masjid-masjid model, LAZ, perguruan tinggi, serta lembaga keilmuan lainnya di dalam dan di luar negeri.
  • Diperkuat oleh tenaga pengajar alumni perguruan tinggi dalam dan luar negeri serta didukung oleh native speaker dari timur tengah.
  • Proses pendidikan mengacu pada ketercapaian mutu dengan pendekatan “Total Quality Management”.