Pesantren Mahasiswa

PENGASUHAN, COACHING, DAN KONSELING

Dengan sistem pendidikan 24 jam berbasis pesantren mahasiswa, bimbingan dan konseling mahasiswa di STIDKI Ar Rahmah diperankan oleh Dosen Penasehat Akademik (DPA) dan Musyrif Pesantren Mahasiswa.

Fungsi bimbingan dan konseling akademik oleh Penasehat Akademik. Fungsi ini diperankan oleh dosen tetap atau tenaga kependidikan struktural lainnya yang ditugaskan oleh Ketua STIDKI Ar Rahmah. Menurut SK Ketua STIDKI Ar Rahmah Nomor 007/IN.WK1/SK.STIDKI AR/VII/2018, fungsi penasihat akademik adalah sebagai :

  • Narasumber, yaitu terutama sebagai sumber informasi yang berkaitan dengan proses belajar di STIDKI Ar Rahmah.  
  • Pembimbing/pendamping, yakni memberikan bimbingan kepada mahasiswa dalam perencanaan studinya dan dalam melaksanakan program studi tersebut.  
  • Penasihat, yakni memberikan pengarahan dan saran-saran atau nasihat kepada mahasiswa dalam menanggulangi masalah belajar dan pribadi lainnya.  
  • Motivator, yaitu memberikan dorongan dan membangkitkan semangat di bidang prestasi akademik.  
  • Model, yakni memberikan keteladanan sebagai seorang pendidik yang profesional dan bermoral.

Fungsi bimbingan dan konseling non akademik oleh Sub bagian Pengasuhan/tim musyrif Pesantren Mahasiswa. Bagian ini berada di bawah Bagian Kemahasiswaan yang bertanggung jawab kepada Ketua Program Studi Manajemen Dakwah. Fungsi bimbingan non akademik yang diberikan sebagai berikut :

  • Narasumber, yaitu terutama sebagai sumber informasi yang berkaitan dengan proses pendidikan di Pesma.  
  • Pembimbing/pendamping, yakni memberikan bimbingan kepada mahasiswa selama beraktivitas di Pesma.  
  • Penasihat, yakni memberikan pengarahan dan saran-saran atau nasihat kepada mahasiswa dalam menanggulangi masalah belajar dan pribadi lainnya.  
  • Motivator, yaitu memberikan dorongan dan membangkitkan semangat dalam rangka mengembangkan potensi-potensi pribadi mahasiswa.  
  • Model, yakni memberikan keteladanan sebagai seorang pendamping yang profesional dan bermoral.

 

 

SISTEM PENDIDIKAN 24 JAM

STIDKI Ar Rahmah Surabaya membangun keuanggulan bersaing dengan desain kurikulum yang komprehensif, meliputi kompetensi hafalan Al Qur’an mutqin 30 juz, kompetensi manajemen kemasjidan, serta kompetensi dakwah dan ilmu-ilmu keislaman. Untuk menunjang ketercapaian tujuan tersebut, STIDKI Ar Rahmah memberlakukan pembelajaran 24 jam berbasis pesantren mahasiswa serta memberikan beasiswa penuh  (full scholarship) kepada seluruh mahasiswa dengan pembebasan biaya perkuliahan, biaya pesantren beserta fasilitasnya, serta biaya makan sehari-hari.

Dalam pengembangan pendidikan Tahfidz Al Qur’an yang menjadi salah satu keunggulan utama STIDKI Ar Rahmah, telah tersedia pedoman pembelajaran Tahfidz Al Qur’an dengan roadmap pencapaian target hafalan yang telah disinkronisasi dengan kurikulum KKNI. Manajemen juga telah menyelenggarakan Wisuda Al Qur’an pertama pada tanggal 14 Desemeber 2019 dengan 15 wisudawan huffadz mutqin  serta acara pendukung ketahfidzan lainnya berupa Parade Tasmi’ Al Qur’an yang diselenggarakan setiap awal tahun baru hijriyah, Khatmul Qur’an, musabaqah hifdzul quran internal, dan sebagainya. Roadmap pencapaian target hafalan 30 juz mahasiswa yang tercakup dalam Pedoman Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an STIDKI Ar Rahmah yang disahkan  melalui SK Ketua STIDKI Ar Rahmah Nomor 006/IN.WK1/SK.STIDKI AR/III/2018.

Di bidang layanan kemahasiswaan, STIDKI Ar Rahmah terus mengembangkan peningkatan soft skills mahasiswa melalui pengembangan organisasi mahasiswa, pembinaan minat dan bakat mahasiswa; pengadaan program pengembangan motivasi dan penalaran mahasiswa seperti mimbar inspirasi, talkshow dan diskusi, seminar, dan muhadhoroh pekanan, optimalisasi fungsi bimbingan dan konseling melalui Penasihat Akademik (PA) dan musyrif, penyediaan beasiswa 100% dan layanan kesehatan yang tanggap dan memadai, serta penguatan bimbingan karir dan keprofesian melalui sertifikasi kompetensi dan program pengabdian pra kelulusan. Layanan kemahasiswaan di STIDKI Ar Rahmah mengacu pada SK Ketua STIDKI Ar Rahmah Nomor : 003/IN.WK1/SK.STIDKI AR/III/2018 tentang Pedoman Layanan Kemahasiswaan.

ORGANISASI MAHASISWA (ORMAWA)

STIDKI Ar Rahmah mengupayakan pengembangan soft skills mahasiswa dengan mendorong, memfasilitasi, dan memberikan pendampingan organisasi mahasiswa intra kampus, yaitu :

  • Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM);
  • Badan Legislatif Mahasiswa (BLM);
  • UKM Panalaran dan Keilmuan;
  • UKM Seni Suara;
  • UKM Public Speaking;
  • UKM Bela Diri Real Fighter;
  • UKM Kutubut Turots;
  • UKM Olahraga yang membawahi sub unit futsal, bulu tangkis, dan pecinta alam.

 

PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT

STIDKI Ar Rahmah juga memfasilitasi pembinaan minat, bakat, dan keprofesian mahasiswa yang sebagiannya dikoordinir Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan sebagian lagi dikelola langsung oleh Tim Kemahasiswaan, seperti : pelatihan jurnalistik, workshop dan pembinaan rutin broadcasting bekerja sama dengan Tim Suara Muslim Surabaya, pembinaan qiroah, klub nasyid, dan olahraga. Pembinaan minat, bakat, dan keprofesian ini dilaksanakan dengan mendatangkan pelatih eksternal.

Mimbar Inspirasi merupakan salah satu program kemahasiswaan yang diselenggarakan 1-2 bulan sekali dan didesain untuk penguatan keilmuan dan keprofesian mahasiswa STIDKI Ar Rahmah sehingga tema-tema yang di angkat pun tidak lepas dari trilogi keilmuan mahasiswa STIDKI Ar Rahmah : dakwah, manajemen masjid, dan Al Qur’an.. Narasumber dalam kegiatan ini adalah para ahli dan para praktisi yang selain memperluas wawasan mahasiswa juga membangun mental dan motivasi berprestasi dan kepemimpinan.

 

PROGRAM PENALARAN

Pengembangan mahasiswa di bidang penalaran dan komunikasi publik mahasiswa diasah melalui kegiatan muhadharah pekanan. Selain itu, kompetensi ini juga dipertajam dalam berbagai kegiatan seminar dengan berbagai tema, terkait dengan basis keilmuan mahasiswa STIDKI Ar Rahmah maupun isu-isu terkini yang berkembang saat itu, di antaranya :

  • Talkshow Qur’ani bersama Keluarga Tabarak dari Mesir yang diselenggarakan pada tanggal 26 Maret 2017.
  • Seminar Spiritual Leaders Forum yang diselenggarakan bekerja sama dengan Magister Manajemen Unair pada tanggal 26 September 2018 di Dyandra Convention Center, Surabaya, di mana Ketua STIDKI Ar Rahmah dan Ketua UPPM STIDKI Ar Rahmah turut menjadi pembicara di forum itu.
  • Seminar Manajemen Masjid di Era Milenial yang diselenggarakan pada tanggal 9 Februari 2019 di Hotel GreenSA Sidoarjo, bekerja sama dengan LAZNAS Nurul Hayat dan Masjid Jogokaryan.
  • Workshop Nasional Manajemen Masjid yang diselenggarakan pada tanggal 31 Maret 2019 di Hotel Shangri-La Surabaya bekerja sama dengan Masjid Akbar Moedhar Arifin Gresik.
  • Dialog Kebangsaan membahas isu-isu sosial politik terkini bersama Ketua STIDKI Ar Rahmah diselenggarakan pada tanggal 27 September 2019.
  • Seminar Pemikiran dan Peradaban Islam, bekerja sama dengan Universitas Darussalam Gontor yang diselenggarakan pada tanggal 7 Desember 2019 membahas tentang ‘Milkul Yamin dan teori Muhammad Sahrur’ dan ‘Tafsir Gender dan Teori Prof. Husain Muhammad’.
  • Seminar Internasional Pengobatan Tradisional sebagai Media Dakwah dan Penangkal Virus Corona yang diselenggarakan pada tanggal 15 Maret 2020 bekerja sama dengan Yayasan Perubatan Melayu Malaysia.
  • International Webinar Series yang diselenggarakan pada tanggal 6 dan 7 Mei 2020 bekerja sama dengan Kolej Universiti Islam Antarabangsa Selangor (KUIS) Malaysia, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), dan Magister Manajemen Unair.
  • Dan berbagai kegiatan penalaran lainnya

 

LAYANAN BEASISWA DAN KESEHATAN

Sejak didirikan pada tahun 2015, STIDKI Ar Rahmah memberikan beasiswa 100% kepada seluruh mahasiswanya. Hal ini juga tertuang dalam SK Ketua STIDKI Ar-Rahmah Nomor 007/IN.WK1/SK.STIDKI AR/VII/2018 tentang Pedoman Layanan Kemahasiswaan. Beasiswa ini didapatkan dalam bentuk perkuliahan gratis, tempat tinggal Pesantren Mahasiswa beserta fasilitas tidur, kamar, MCK, dll yang juga gratis, serta makan sehari-hari gratis. Ketentuan beasiswa ini juga diatur dan MoU antara STIDKI Ar Rahmah dengan mahasiswa bserta wali nya yang ditandatangani saat mahasiswa pertama kali diterima di STIDKI Ar Rahmah. Beasiswa penuh 100% ini dapat diwujudkan dengan dukungan para donatur baik lembaga maupun perseorangan.

Selain beasiswa penuh di atas, untuk memacu prestasi dan pengabdian mahasiswa, STIDKI Ar Rahmah juga memberikan hadiah umroh kepada mahasiswa berprestasi terbaik di bidang Al Qur’an yang menjadi Wisudawan Al Qur’an 30 juz terbaik di setiap tahunnya. Apresiasi lainnya diberika kepada mahasiswa yang terlibat dalam program-program pengabdian kemasjidan maupun di instansi sekitar.

Selain beasiswa 100% sebagaimana diuraikan di atas, STIDKI Ar Rahmah berkomitmen untuk mengupayakan layanan kesehatan yang tanggap dan memadai bagi seluruh mahasiswa sehingga akan menenangkan orang tua/wali masing-masing. Beberapa bentuk layanan kesehatan yang diberikan sebagai berikut :

  • Pemeriksaan kesehatan umum (medical check up)  yang dilaksanakan di awal semester pertama yang diselenggarakan bekerja sama dengan Rumah Sakit Al Irsyad Surabaya;
  • Penyuluhan kesehatan gigi dan pemeriksaan kesehatan gigi yang dilaksanakan secara insidentil;
  • Penanganan pengaduan mahasiswa sakit tahap pertama di unit kesehatan mahasiswa dengan penyediaan kamar khusus dan petugas yang melayanai bagi mahasiswa sakit.
  • Layanan kesehatan tahap lanjut berupa rujukan ke RS Al Irsyad dengan skema pembiayaan yang diatur dalam pedoman layanan kemahasiswaan dan Perjanjian Beasiswa antara Institusi. Mahasiswa, dan wali;
  • Workshop dan pengawalan kebersihan kampus dan Pesma dengan sistem 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin)
Jl. Teluk Buli I/3-5-7, Surabaya, Jawa Timur - Indonesia
031-3284306
Official@stidkiarrahmah.ac.id

© 2021 STIDKI AR RAHMAH. All Rights Reserved W3layouts