Kemitraan Penelitian

Dalam rangka menjaga dan meningkatkan kualitas PkM, diperlukan standar terhadap input, proses, dan output agar capaian yang dihasilkan sesuai dengan visi misi insitusi dan harapan masyarakat atau obyek pengabdian. Oleh karena itu, program studi Manajemen Dakwah bersama LPPM STIDKI Ar Rahmah terus mengembangkan kegiatan PkM berbasis dakwah dan masjid dengan rasional dan tujuan sebagai berikut :

  • Sarana pemanfaatan dan penerapan hasil penelitian maupun hasil pendidikan dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat berbasis masjid.
  • Hasil dari kegiatan PkM STIDKI Ar Rahmah diharapkan dapat berupa penyelesaian masalah yang dihadapi dengan memanfaatkan keahlian sivitas akademika yang relevan
  • Hasil kegiatan PkM dapat digunakan untuk meningkatkan materi atau bahan pengembangan ilmu pengetahuan serta pengayaan bahan ajar atau modul pelatihan sebagai sumber belajar.
  • Menguatkan kebermanfaatan STIDKI Ar Rahmah bagi masjid dan stakeholders mitranya, intansi di lingkungan sekitar, serta lembaga-lembaga terkait.

Peta jalan PkM yang dilakukan dosen dan mahasiswa STIDKI Ar Rahmah mengacu pada Roadmap Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STIDKI Ar Rahmah yang ditetapkan melalui SK Ketua STIDKI Ar Rahmah Nomor 001/IN.WK1/SK.STIDKI AR/V/2017 di mana tahapan tema kegiatan PkM mengikuti peta jalan yang diorientasikan pada pengembangan keilmuan program studi Manajemen Dakwah dan kebermanfaatan institusi terhadap masyarakat sesuai dengan core competences yang dimiliki. Sehingga, secara umum, kegiatan-kegiatan PkM yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa STIDKI Ar Rahmah berada dalam dua lingkup besar : berbasis masjid sebagai diferensiasi utama institusi dan kebermanfaatan institusi kepada masyarakat sekitar. Berdasarkan inilah dibangun peta jalan PkM debagaimana berikut :

Gambar 2.22 Roadmap PkM STIDKI Ar Rahmah

  • Berdasarkan peta jalan di atas, di tahun pertama pada saat peta jalan ini ditetapkan, payung tema PkM bersifat cukup umum sebagai bentuk kemudahan bagi dosen dan mahasiswa pelaksana PkM di STIDKI Ar Rahmah, yakni dakwah kepada instansi dan masyarakat terdekat di sekitar kampus  STIDKI Ar Rahmah dan kegiatan dakwah kemasjidan.
  • Di tahun kedua, payung tema PkM kemasjidan mulai lebih spesifik di mana selain dakwah intansi dan masyarakat sekita dan PkM kemasjidan yang dibagi menjadi dakwah kemasjidan dan pengembangan manajemen masjid..
  • Di tahun ketiga atau di tahun di mana laporan ini dibuat, selain terus berlanjutnya dakwah instansi dan masyarakat sekitar, dan dakwah kemasjidan, program pengembangan manajemen masjid ditingkatkan dengan penambahan tema PkM pengiriman da’i masjid..
  • Di tahun depan/tahun keempat diharapkan kegiatan PkM  dakwah instansi dan masyarakat sekitar, dakwah kemasjidan, pengembangan majemen masjid, dan pengiriman da’i masjid terus berlanjut. Di samping itu, diharapkan kontribusi kebermanfaatan kegiatan PkM STIDKI Ar Rahmah terus dikembangkan menuju kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat berbasis masjid.

Setelah ditetapkan pada akhir semester gasal  TA 2017-2018, LPPM melakukan sosialisasi peta jalan ini kepada dosen STIDKI Ar Rahmah sehingga para dosen pun mulai merencanakan ulang arah PkMnya sesuai roadmap yang telah ditetapkan.

Peningkatan jumlah MoU kerja sama PkM dengan masjid dan lembaga non masjid. Secara umum, dalam tiga tahun terakhir, terdapat 26 masjid dan 12 lembaga non masjid yang menjadi mitra PkM STIDKI Ar Rahmah yang keterlibatannya tersebar dalam 43 kegiatan.

Jl. Teluk Buli I/3-5-7, Surabaya, Jawa Timur - Indonesia
031-3284306
Official@stidkiarrahmah.ac.id

© 2021 STIDKI AR RAHMAH. All Rights Reserved W3layouts