Kemitraan Pengabdian

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

1. Latar Belakang

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) adalah kegiatan yang wajib dilakukan oleh perguruan tinggi karena termasuk dalam tridharma. Pada hakikatnya, kegiatan PkM merupakan langkah nyata perguruan tinggi dalam memberikan solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat berdasarkan spesialisasi fokus keilmuan masing-masing. Dalam pelaksanaannya, PkM dilakukan oleh para sivitas akademika baik dosen maupun mahasiswa. Selain itu, PkM juga sebagai ajang implemetasi ilmu pengetahuan sehingga sekaligus dapat menjadi media evaluasi program pendidikan terhadap kebermanfaatannya bagi masyarakat.

Sebagai sekolah tinggi yang mempelopori model pendidikan S1 pencetak imam dan manajer masjid, STIDKI Ar Rahmah melakukan program-program PkM yang difokuskan pada bidang dakwah dan manajemen masjid. Dalam rangka menjaga dan meningkatkan kualitas PkM, diperlukan standar terhadap input, proses, dan output agar capaian yang dihasilkan sesuai dengan visi misi insitusi dan harapan masyarakat atau obyek pengabdian. Oleh karena itu, program studi Manajemen Dakwah bersama LPPM STIDKI Ar Rahmah terus mengembangkan kegiatan PkM berbasis dakwah dan masjid dengan rasional dan tujuan sebagai berikut :

  • Sarana pemanfaatan dan penerapan hasil penelitian maupun hasil pendidikan dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat berbasis masjid.
  • Hasil dari kegiatan PkM STIDKI Ar Rahmah diharapkan dapat berupa penyelesaian masalah yang dihadapi dengan memanfaatkan keahlian sivitas akademika yang relevan
  • Hasil kegiatan PkM dapat digunakan untuk meningkatkan materi atau bahan pengembangan ilmu pengetahuan serta pengayaan bahan ajar atau modul pelatihan sebagai sumber belajar.
  • Menguatkan kebermanfaatan STIDKI Ar Rahmah bagi masjid dan stakeholders mitranya, intansi di lingkungan sekitar, serta lembaga-lembaga terkait.

 

Kerjasama

Demi tercapainya visi dan misi institusi, STIDKI Ar Rahmah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak eksternal baik di tingkat lokal, nasional dan internasional. Sebagaimana tercantum dalam Tabel 1-1, 1-2, dan 1-3 LKPS, berikut capaian pelaksanaan kerjasama yang dilakukan STIDKI Ar Rahmah :

  • Dalam tiga tahun terakhir, terdapat 85 kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh STIDKI Ar Rahmah dan Prodi Manajemen Dakwah, yang terdiri dari : 40 kegiatan kerja sama pendidikan, 11 kegiatan kerja sama penelitian, dan 34 kegiatan kerja sama Pengabdian kepada Masyarakat;
  • Dari sisi level pelaksanaan kerja sama, 66 kegiatan kerja sama dilakukan di level regional, 12 kegiatan kerja sama dilakukan di level nasional, dan 7 kegiatan kerja sama dilakukan di level internasional.
  • Jumlah kegiatan kerja sama di atas melibatkan 76 mitra kerja sama, yang terdiri dari 43 mitra dari unsur masjid, 7 mitra dari unsur perguruan tinggi, 4 mitra dari unsur perusahaan, 22 mitra dari unsur lainnya.
Jl. Teluk Buli I/3-5-7, Surabaya, Jawa Timur - Indonesia
031-3284306
Official@stidkiarrahmah.ac.id

© 2021 STIDKI AR RAHMAH. All Rights Reserved W3layouts